Monday, 26 November 2012

Bisnis Hotel Di Singkil Lesu


SINGKIL - Bisnis penginapan mulai dari losmen hingga hotel di Kabupaten Aceh Singkil, masih tetap lesu. Dari tahun ke tahun, jarang sekali ditemukan tingkat hunian kamar hotel penuh dalam satu malam saja. Kondisi itu, menunjukan kegiatan bisnis yang melibatkan pengusaha luar masih jarang. Begitu halnya dengan kunjungan wisatawan domestik maupun asing masih sedikit.
Menurut Manager Hotel Anak Laut Indah Singkil, Fajar, bergairahnya usah penginapan dipengaruhi daya tarik objek wisata yang dimiliki suatu daerah dan tumbuh kembangnya pusat-pusat bisnis, serta kemajuan lainnya yang menjadi magnet tamu berkunjung.
“Tapi di Singkil, banyak wistawan lokal dari daerah lain datang, sesampai di sini menanyakan tempat wisata. Setelah melihat, mereka kecewa lantaran tak sesuai harapan. Transportasi tak mendukung dan jauh ke tempat belanja,” kata Fajar kepada Serambi, Sabtu (24/11).
Fajar menyatakan, hotelnya pernah selama dua pekan kosong tak ada yang menginap. Kondisi itu, tentu merugikan pemilik, lantaran tetap harus membayar biaya operasional. Tamu yang menginap akan ramai bila ada tamu provinsi datang, serta musim tender peroyek.
“Per malam kadang ada tamu menginap, kadang-kadang kosong sama sekali. Agak ramai kalau ada tamu provinsi dan lagi banyak proyek,” ujar Manager hotel terbesar di Aceh Singkil itu.
Menurutnya, keluhan yang acap disampaikan tamu, yaitu pusat perbelanjaan jauh, transportasi susah. Kemudian turis sering kecewa karena tempat wisata tak sesui dengan yang dipromosikan. Pulau Banyak umpamanya, memang diakui sangat indah, tetapi wisatawan kesulitan ketika menuju maupun pulang. Mereka juga pulang tak bisa membawa buah tangan yang lazim didapat dari lokasi wisata.
Tarif penginapan di Aceh Singkil, terbilang murah mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 150.000 per malam. Untuk kamar VIP, hotel hanya mengenakan tarif per malam Rp 200.000.
Pengelola hotel berharap Pemkab Aceh Singkil, menumbuhkan pusat-pusat bisnis, pariwista, membangun sarana dan pra sarana yang dapat mendorong tamu datang ke daerah ini. Jika tamu datang maka hunian hotel banyak, pendapatan asli daerah pun meningkat.
Sumber : http://aceh.tribunnews.com/2012/11/25/bisnis-hotel-di-singkil-lesu

Share this

0 Comment to "Bisnis Hotel Di Singkil Lesu"