Catatan Penulis Hari Ini

Berbagilah kepada mereka yang membutuhkan, bersyukur atas segala pencapaian

Thursday, 26 June 2014

Kontroversi Keberadaan Makam Syeikh Abdurrauf As-Singkili


Kontroversi keberadaan MaF-24-MALIK MAHMUD-1kam syekh Abddurrauf As-Singkili perlu segera dicarikan jalan keluarga, sehingga tidak membuat masyarakat menjadi bimbang.
Hal ini disampaikan Wali Nanggroe, Malik Mahmud Al Haytar, menanggapi pertanyaan dari 10 tokoh masyarakat Kabupaten Aceh Singkil, kemarin.
Mereka mempertanyakan keberadaan makam ulama Syekh Abddurrauf As-Singkili, mengingat selama ini ada dua makam yang di klaim, satu berada di Desa Deah Raya, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh dan satu lagi di Desa Kilangan, Singkil.
“Untuk memutuskan di mana makam Syekh Abdurrauf As-Singkili yang asli harus diselidiki dan dilakukan penelitian secara cermat,”ujarnya.
Meskipun, katanya, dunia internasional mengetahui makam ulama besar Aceh ini berada di Syiah Kuala, Kota Banda Aceh. Sekalilgi, katanya, klaim tersebut butuh bukti yang kajian.
“Kita sudah lakukan dialog dengan tokoh masyarakat singkil yang hadir. Mudah-mudahan hanya masalah makam bisa terjadi keraguan ummat,”ungkapnya.
Dalam waktu dekat, dirinya akan melakukan koordinasi dengan Gubernur Aceh dr Zaini Abdullah, untuk menjawan posisi makam sebewnarnya.
Sehingga, tidak membingungkan pengunjung, baik dari Aceh maupun dari mancanegara. Apalagi, masyarakat Singkil masih terjadi perdebatan mengenai kuburan Syiah Kuala atau syaikh Abdurrauf As-singkili.
Pelestarian makam ulama Syekh Abbdurrauf perlu dilakukan karena semasa hidupnya telah berjasa dalam menyebarkan agama Islam di bumi Aceh.
“Sebagai sejarah yang berjasa di Aceh, makam-makam ulama kita lestarikan dan kembangkan,” terangnya.
Ia melanjutkan, tak hanya Makam Syekh Abdurrauf yang harus diperhatikan dan dilestarikan, namun, makam para ulama yang juga perlu terus di jaga dan lestarikan. “Aceh juga kita lihat kaya dengan situs sejarah,”demikian ujarnya.

Sumber : http://rakyataceh.co/2014/06/kontroversi-makam-syekh-abddurrauf-singkili/
Share:

0 komentar:

Popular Posts