Catatan Penulis Hari Ini

Berbagilah kepada mereka yang membutuhkan, bersyukur atas segala pencapaian

Saturday, 23 January 2016

Melirik Objek Wisata Mancing di Gosong Telaga, Aceh Singkil


Aceh Singkil | Sekarang, memancing bukan lagi pekerjaan untuk mencari nafkah semata yang dilakukan para nelayan. Melainkan, telah dijadikan  hobi dan pelepas tagih oleh banyak orang. Termasuk kalangan elit, karyawan bonavit, para birokrat, dan golongan “berdasi” lainnya.

Sehingga bukanlah sesuatu yang mengherankan apabila tempat-tempat memancing banyak disesaki para “nelayan kagetan” ini. Di samping berwisawata melepas lelah, juga bisa menyalurkan hobi memancing.






Salah satu objek memancing di Aceh Singkil yang digandrungi dan ramai dijejali para pengunjung, apalagi saat akhir pekan atau hari libur, adalah Muara Anak Laut Gosong Telaga, Singkil Utara.

Dari pengamatan aceHTrend, saban hari Ahad atau hari libur objek wisata memancing yang masih alami ini selalu ramai dikunjungi. Ahad (17/1) lalu ketika aceHTrend datang ke sana, di kiri-kanan tubir-tubir Muara Anak Laut Gosong Telaga, banyak terlihat berjejer insan-insan ‘pembuang suntuk’ yang sedang melepas kail atau jorannya sembari menunggu strike ikan.


Menurut David Suyudi, seorang pemancing kepada aceHtrend, ada beberapa jenis ikan yang bisa dipancing di muara (warga setempat menyebutnya dengan  Kualo Anak Lawik) Gosong Telaga ini. Di antaranya, ikan nawi (kakap merah), belah periuk, gerapu, jinaha, gabu, merah mata, ikan cabe (marang), ikan pari, dan lain-lain.


Manakala tidak seekor pun ikan dapat dari pancingan atau Anda sedang apes, untuk  ikan dibawa pulang ke rumah, Anda bisa juga membelinya pada nelayan yang menebar jaring di seputar Danau Anak Laut. Ikan-ikan itu  masih segar dan murah.

Kalau, tidak sedang doyan ikan, Anda bisa membeli kepiting bakau yang dagingnya terkenal enak dan gurih. Apabila kepiting ini digulai dengan cita rasa bumbu khas Aceh Singkil, dijamin lidah Anda akan bergoyang. Maknyus, enaknya tiada tara.

Objek Muara Anak Laut Gosong Telaga menjadi pilihan tempat memancing, karena di samping alamnya yang masih asri, alamiah, dan eksotis. Juga Muara Anak Laut ini termasuk kawasan wisata Danau Anak Laut Gosong Telaga yang terkenal dengan trongan atau lorong-lorong mangrovenya.

Apabila belum mau memancing, kepingin berdayung-dayung sampan atau berbiduk-biduk di lorong-lorong mangrove tadi, di jamin hati akan tenang dan terkagum-kagum dengan panorama alam ciptaan Allah. Kawasan mangrove itu,  punya daya tarik tersendiri.

Di dahan-dahan pohon-pohon mangrove , akan terlihat banyak kawanan monyet yang begelantungan dan berkejar-kejaran. Tidak itu saja,  kawanan burung dan kupu-kupu pun banyak bertengger di ranting-ranting kayu. Plus tidak ketinggalan berbagai jenis hewan reftil, seperti biawak, ular, dan lainnya.

M. Hadi Akbar, seorang pemancing “dadakan” lainnya kepada aceHTrend memberikan alasan yang membuat mereka tertarik memancing di sini. Muara Anak Laut ini kata Hadi Akbar, di samping panorama alamnya yang elok yang dirimbuni vegetasi hutan mangrove juga di sini suasananya nyaman, jauh dari kebisingan, dan kita lebih leluasa karena tiupan angin laut yang sepoi-sepoi.

“Kalau memancing pada siang hari, tidak terlalu direpotkan dengan panas terik mata hari yang menyengat.  Kita cukup duduk ditebing sungai yang telah dipayungi pohon cemarah laut atau jenis pohon mangrove sembari melepas kail dan menunggu ‘gutikkan’ ikan di dawai pancing,” pungkas M Hadi Akbar.
Muara Anak Laut yang jaraknya hanya 17 Km dari Kota Singkil dan sekitar 5 Km dari Kota Gosong Telaga ini, sangat elok dijadikan objek wisata keluarga atau tempat makan-makan plus bakar-bakar ikan. Berangkat ke sana, hanya 15 minit perjalanan naik boat atau robin dari perkampungan.

Berangkat ke sana pun tidak berbelit-belit, sangat mudah. Cukup menyewa perahu bermesin robin atau boat warga yang selalu bersedia melayani. Memancing di Kuala Anak Laut  Gosong Telaga, sangat seru, mengasyikkan, murah dan meriah.

Ssumber : http://www.acehtrend.co/foto-melirik-objek-wisata-mancing-di-gosong-telaga-aceh-singkil/
Share:

0 komentar:

Popular Posts