Saturday, 5 March 2016

Ratusan Hektare Tanaman Padi di Singkil Diserang Ulat


ACEH SINGKIL - Ratusan hektar tanaman padi di dua Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Singkil terancam gagal panen lantaran diserang hama jenis ulat 

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan H. Sabudin. SP kepada wartawan, menyebutkan ratusan hektar tanaman padi yang terancam puso itu tersebar di Kecamatan Suro dan Danau Paris. Dari total 1.100 Hektar lebih lahan yang di kelola oleh 10 kelompok Tani di wilayah itu, sekitar 60%nya telah terserang ulat tentara.

"Karena ulatnya loreng makanya disebut ulat tentara, ada sekitar 60% lahan di wilayah itu terserang hama ulat" kata Sabudin.

Sabudin menyebutkan, serangan hama tersebut sudah dalam kategori berat sehingga jika tidak cepat ditangani padi akan cepat mati. Serangan ulat jenis itu, kata Sabudin menyerang tanaman mulai dari pucuk daun hingga ke batang tanaman usia satu bulan (umur muda) sehingga membuat batang padi menguning dan busuk.

" Ulat grayak mempunyai sifat pollyfag (makan semua tanaman), penyebaranya juga sangat cepat, dalam sehari saja tanaman bisa habis daunnya," terang Sahbudin.

Saat ini, kata Sahbudin pihaknya masih berupaya mengendalikan serangan hama agar tidak terus meyebar ke seluruh tanaman yang ada. Dinas pertanian bersama penyuluh, kelompok tani dan berupaya membasmi ulat-ulat tersebut. Dengan cara itu Sabudin berharap ancaman hama dapat segera diatasi.

"Kita sudah berkoordinasi dengan Babinsa, Penyuluh dan kelompok tani untuk melakukan pencegahan total, kita berharap upaya ini berhasil" pungkas Sahbudin.

Sumber : http://www.ajnn.net/news/ratusan-hektar-tanaman-padi-di-singkil-diserang-ulat/index.html

Share this

0 Comment to "Ratusan Hektare Tanaman Padi di Singkil Diserang Ulat"