Saturday, 5 March 2016

Wabup Aceh Singkil: Banyak Laporan Fiktif Dana Desa

SINGKIL - Wakil Bupati Aceh Singkil Dulmusrid mengatakan pihaknya menerima banyak laporan penggunaan dana desa yang disinyalir fiktif, seperti halnya pekerjaan fisik yang belum selesai. Namun dalam laporan dibuat seolah sudah selesai 100 persen.
Wakil bupati menegaskan hal itu dalam pidato sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 10 Tahun 2015 tentang Mekanisme Zakat, Infaq dan Sadaqah, Kamis (3/3) di Gedung Serbaguna, di Pulau Sarok, Singkil.
“Banyak laporan yang saya terima penggunaan dana desa yang fiktif,” kata Dulmusrid. Wabup ketika dikonfirmasi ulang Serambi via telepon seluler menegaskan penggunaan dana desa yang disanyalir fiktif bukan hanya sekadar laporan. Tetapi dirinya telah mengecek langsung ke lapangan dan informasi itu benar adanya. “Temuan saya langsung juga ya. Misalnya begini, ada pekerjaan fisik belum siap, tapi dalam surat pertangungjawaban (SPJ) dibuat sudah siap,” jelasnya.
Dulmusrid menyatakan kesal terhadap ulah oknum kepala desa yang terlibat dalam pembuatan SPJ fiktif lantaran dinilai sangat merugikan masyarakat. Dia memerintahkan Inspektorat segera mengaudit. Dia juga meminta Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) dan Camat meningkatkan pengawasan agar semua program yang bersumber dari dana desa berjalan baik.
Pada bagian lain wabup mengingatkan kepala desa yang pekerjaannya belum selesai, namun telah menarik anggaran 100 persen segera mengembalikan kelebihan dana. Jika memungkinkan, dan tidak bertentangan dengan aturan segera menyelesaikan pekerjaan sebagaimana mestinya. “Sebelum persoalan ini dibawa ke ranah hukum, segera kembalikan dana yang tidak sesuai antara realisasi pekerjaan dengan laporan,” tegasnya.
Sumber : http://aceh.tribunnews.com/2016/03/04/wabup-banyak-laporan-fiktif-dana-desa

Share this

0 Comment to "Wabup Aceh Singkil: Banyak Laporan Fiktif Dana Desa"