Monday, 25 April 2016

OTK Bakar Alat Berat Milik Perusahaan Sawit di Singkil


ACEH SINGKIL - Orang Tak Dikenal (OTK) membakar satu unit alat berat (Excavator), dan mobil dum truck milik Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. Ensem Lestari Kuta Tinggi, Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Aceh Singkil. Tak hanya itu OTK yang menyusup ke dalam pabrik, Sabtu (23/4) dini hari itu juga menumpahkan puluhan Ton Crude Palm Oil (CPO) dari dalam tangki-tangki pengolahan.
Kapolres Aceh Singkil AKBP. Muhamad Ridwan.SIK kepada wartawan, Sabtu (23/4) sore, di Mapolsek Simpang Kiri Kota Subulussalam menyebutkan, peristiwa itu terjadi antara pukul 02.00 - 05.00 WIB. Sebelum kejadian sekitar pukul 12.00 WIB, satuan pengaman (satpam) pabrik melihat ada seseorang yang menyusup ke dalam areal pabrik. Namun saat dilakukan pengejaran penyusup tak di temukan.

"Menurut satpam, jam 12. 00 WIB, itu ada orang tak di kenal menyusup, tapi di cari-cari tidak ketemu, saat itu karyawan masih lembur sampai jam 01.30 WIB. Sekitar pukul 02.00 WIB, satpam patroli kondisinya masih aman. Lalu jam 05.00 WIB, saat satpam kembali patroli dua kendaraan itu sudah terbakar dan CPO sudah tumpah membanjiri lantai," terang Kapolres.

Ridwan menambahkan, dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) dan pemeriksaan beberapa orang sanksi termasuk satpam. Polisi mencurigai ada keterlibatan orang dalam. Kecurigaan itu muncul lantaran dalam melakukan aksinya pelaku terlebih dahulu mematikan panel listrik dan mengetahui cara membuka kran penampungan CPO untuk membuang isinya.
"Kami menduga ada keterlibatan orang dalam, atau orang yang pernah mengetahui kondisi. Kalau orang luar tidak mungkin tau letak panel listrik dimana, dan gimana cara membuang CPOnya," jelas Ridwan.
Bekas Kaden Sat A Brimob Polda Bengkulu itu mengatakan, adanya indikasi keterlibatan orang dalam kejadian tersebut. Pihaknya saat ini masih terus melakukan penyelidikan dengan memeriksa sidik jari seluruh karyawan perusahaan. Polisi juga menduga pelakunya lebih dari satu orang. "Bukan lebih dari satu, menurut saya malah lebih dari dua orang pelakunya," ujarnya.
Belum diketahui secara pasti berapa kerugian perusahaan akibat peristiwa tersebut, namun selain satu unit alat berat, dan dum truck terbakar serta puluhan ton CPO ditumpahkan, pelaku juga merusak sebuah mobil Fuso dan mencuri baterainya. Selain itu, perusahaan juga terpaksa menghentikan operasionalnya sepanjang Sabtu kemaren.

Sumber :http://www.ajnn.net/news/otk-bakar-alat-berat-milik-perusahaan-sawit-di-singkil/index.html

Share this

0 Comment to "OTK Bakar Alat Berat Milik Perusahaan Sawit di Singkil"