Monday, 18 April 2016

Pasukan Kilat Polres Singkil Gerebek Warung Tuak

ACEH SINGKIL - Tim operasi Polres Aceh Singkil yang dijuluki pasukan kilat menggerebek subuah Lapo Tuak (warung-red) di kawasan perkebunan kelapa sawit, Desa Sukamakmur Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil. Saat disergap, petugas mendapati tiga orang wanita asal Kota Subulussalam bekerja menjadi pekerja di warung tersebut.
Kapolres Aceh Singkil AKBP M Ridwan.S.IK melalui Kanit Patroli Ipda. Abdul Malik.SH yang memimpin penggerebekan itu mengatakan, keberadaan warung tuak yang ditengari menyediakan layanan plus-plus itu telah banyak dikeluhkan warga dan melapor ke polisi. Sehingga untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan, polisi langsung mengambil tindakan dengan melakukan penggrebekan.

"Sesuai qanun Aceh, sebenarnya ini ranahnya Wilayatul Hisbah (WH), namun karena warga sudah banyak yang melapor lantaran warung tuak ini disebut sebut menyediakan layanan plus-plus. Atas dasar itu untuk melayani masyarakat kami langsung melakukan tindakan," kata Malik, Senin (18/4).

Saat digerebek sekitar pukul 23.30 WIB, kata Malik, beberapa pengunjung sempat melarikan diri, sementara para wanita yang bekerja sebagai pelayan di warung itu bersembunyi di bawah kolong tempat tidur. Namun berkat kejelian petugas keberadaan para wanita itu diketahui dan langsung diminta mereka keluar untuk didata.

"Kami belum mengambil tindakan hukum, penggrebekan ini hanya untuk memberikan teguran atau peringatan agar warung ditutup," jelas Malik.

Dari pendataan polisi, warung itu diketahui milik W, warga Gunung Meriah, dan tiga orang pelayan wanita itu masing masing, SBI (31), LN (25) dan NMI (32), ketiganya warga Subulussalam. Setelah melakukan pendataan petugas meminta penjaga warung membuang sisa minuman tuak yang masih tersimpan. Sementara pengunjung yang kabur kendaaraannya terpaksa diangkut ke Mapolsek Gunung Meriah. "Jika nanti warung tuak ini buka lagi, kami akan mengambil tindakan tegas," tegas malik.

Untuk diketahui, pasukan kilat yang dibentuk oleh Kapolres tersebut memiliki tugas patroli rutin beregu dengan sepeda motor Trail. Tim ini lebih sering patroli hingga ke pelosok - pelosok desa pada malam hari.

Dalam menjalankan tugasnya, mereka tak hanya patroli untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kantibmas). Sesekali mereka juga membawa beras untuk dibagikan kepada penduduk miskin yang ditemui saat patroli dan merazia tempat-tempat maksiat seperti, lapak judi, dan tempat minum-minuman keras yang menjamur di bumi sekata sepekat.
Sumber : http://www.ajnn.net/news/pasukan-kilat-polres-singkil-gerebek-warung-tuak/index.html

Share this

0 Comment to "Pasukan Kilat Polres Singkil Gerebek Warung Tuak"