Catatan Penulis Hari Ini

Berbagilah kepada mereka yang membutuhkan, bersyukur atas segala pencapaian

Wednesday, 20 April 2016

PN Singkil Vonis Perkara Kerusuhan Singkil


ACEH SINGKIL -  Pengadilan Negri Singkil memutus perkara empat terdakwa kasus kerusuhan Singkil 13 Oktober 2015. Dalam amar putusanya Majelis Hakim menghukum Rahimi, salah satu terdakwa dengan vonis tujuh bulan penjara atau lebih berat satu bulan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum.
Majelis Hakim menghukum Rahimi lebih berat dari tuntutan JPU yang hanya enam bulan penjara, didasari pertimbangan terdakwa merupakan tokoh masyarakat yang seharusnya bisa menenangkan masa, dan terdakwa mengaku tidak menyesali perbuatanya itu .

“Sebagai ustaz dan tokoh masyarakat, saudara terdakwa seharusnya bisa menangkan masyarakat, bukan melawan Pemerintah Aceh Singkil,” kata Ketua Majelis Hakim As’ad Rahim Lubis saat membacakan hal yang memberatkan terdakwa Rahimi.

Dalam sidang pembacaan putusan yang berlangsung di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Singkil, Selasa (19/4) sore itu, majelis hakim juga menyebutkan hal yang meringankan terdakwa, yakni terdakwa merupakan tulang punggung keluarga, belum pernah dihukum dan masih muda.

"Hal-hal yang meringankan terdakwa adalah terdakwa belum pernah dihukum, masih muda dan tulang punggung keluarga." kata As'ad.
Menanggapi putusan itu, kuasa hukum terdakwa Dodi Candra menyatakan, fikir-fikir dulu. Dodi menilai pertimbangan hukum yang disampaikan majelis hakim tidak sesuai dengan fakta-fakta persidangan. “Kami menilai pertimbangan hukum majelis hakim tidak sesuai fakta-fakta persidangan, dan terdapat pertimbangan hukum yang tidak sesuai, untuk itu kami menyatakan fikir-fikir,” ujarnya.

Usai menjatuhi hukuman tujuh bulan penjara dipotong masa tahanan, dan mengganti biaya perkara Rp 5000 kepada Rahimi, sidang dilanjutkan dengan membacakan putusan kepada tiga terdakwa lain, takni Nawawi, Saiful dan Erwan Berutu yang didakwa sebagai pelaku perusakan rumah Ibadah HKI Sukamakmur. Hakim menjatuhkan hukuman enam bulan penjara kepada ketiganya dikurangi masa tahan. Vonis ini sama dengan tuntutan JPU.

Sidang mendapat pengawalan ketat dari aparat Kepolisian. Sidang dipimpin Ketua Majelis hakim As’ad Rahim Lubis. Sementara JPU dari Kejaksaan Negeri Singkil hadir Yusril Ardi dan Mukhsin. Sedangkan tim penasehat hukum terdakwa hadir Dodi Candra dan Irmanto.
Sumber : http://www.ajnn.net/news/pn-singkil-vonis-perkara-kerusuhan-singkil/index.html
Share:

0 komentar:

Blog Archive

Popular Posts