Monday, 25 April 2016

Putri Gusdur Berbagi Tips Menjaga Kerukunan Umat Beragama di Aceh Singkil


SINGKIL – Alissa Wahid putri pertama mantan Persiden Indonesia KH Abdurrahman Wahid alias Gusdur, berbagi tips menjaga perdamaian dan kerukunan antarumat beragama di Aceh Singkil.
Pemilik nama lengkap Alissa Qatrunnada Wahid tersebut, menjadi pembicara dalam dialog kerukunan dan perdamaian di Aceh Singkil, di Hotel Hermes One Subulussalam, yang diselenggarakan selama tiga hari, dimulai sejak Kamis (21/4/2016) hingga Sabtu (23/4/2016).
Dialog yang diikuti tokoh umat Nasrani serta Islam, diselenggarakan Abdurrahman Wahid Centre (AWC) atas inisiasi anggota DPRK Aceh Singkil, Frida Siska Sihombing.
Alissa dalam pemaparan yang dimoderatori Teuku Kemal Fasya, mengatakan, perdamaian tidak bisa diperoleh secara instan. Perlu proses panjang yang membutuhkan perjuangan serta keuletan.
“Penciptaan perdamaian memerlukan inovasi dari hal-hal kecil namun membawa pesan besar,” kata Alissa.
Kemudian perdamaian akan tercipta bila mendapat sokongan tokoh keagaaman yang dapat melakukan telaah penyelesaian masalah yang dihadapi.
Terbangun ketangguhan di tingkat akar rumput agar tidak mudah terprovokasi. Respek terhadap setiap persolan yang muncul serta penyelesaian ditingkat kebijakan publik.
Pemaparan yang disampaikan Alissa cukup menarik peserta. Apalagi selama ini tokoh Kristiani dan Islam di Aceh Singkil, sangat langka bisa duduk satu meja sambil bicara terbuka mengungkapkan semua unek-unek dalam hati. 
Sumber : http://www.tstatic.net/2016/04/23/putri-gusdur-berbagi-tips-menjaga-kerukunan-umat-beragama-di-aceh-singkil

Share this

0 Comment to "Putri Gusdur Berbagi Tips Menjaga Kerukunan Umat Beragama di Aceh Singkil"