Catatan Penulis Hari Ini

Berbagilah kepada mereka yang membutuhkan, bersyukur atas segala pencapaian

Saturday, 9 April 2016

Sidak Rutan Singkil, Empat Napi Positif Narkoba


ACEH SINGKIL - Tanpa rencana, mendadak puluhan personel aparat Kepolisian Resort Aceh Singkil yang dipimpin langsung oleh Kapolres AKBP M Ridwan.S.IK, Jumat (8/4) bergerak menuju ke cabang Rumah Tahanan (Rutan) Singkil. Mereka datang bukan untuk bermaksud menjemput tahanan, melainkan untuk inspeksi mendadak berantas sendikat narkoba (sidak bersinar).
Begitu berkoordinasi dengan pihak rutan, puluhan prajurit bhayangkara yang tiba sekitar pukul 14.30 WIB, langsung masuk ke dalam rutan. Satu persatu sel tahanan diperiksa. Alas tidur, tumpukan pakaian hingga kamar mandipun digeledah petugas. Meski tak ada barang bukti narkoba yang ditemukan, namun saat dilakukan test urine terhadap penghuni rutan, hasilnya menunjukkan empat orang yang mendekam di sel nomor 10 dan 7 terbukti positif menggunakan sabu.

Keempat narapidana yang terdeteksi baru mengkonsumsi barang haram bernama sabu-sabu itu masing-masing adalah BH, A dan D. Ketiganya merupakan pesakitan kasus narkoba, sedangkan seorang lagi adalah BK tahanan kasus illegal loging. Saat ditanya polisi darimana mereka mendapatkan sabu itu, tak satupun dari mereka yang mengaku, walaupun hasil tes urine membuktikan mereka positif sabu, namun keempatnya kompak tak mengakuainya.

"Atas temuan ini kami akan lakukan penyelidikan lebih lanjut. Kami koordinasi dengan pihak rutan, bisa jadi mereka direhabilitasi. Hasil tesnya positif, biasanya alat ini paling-paling bisa mendeteksi kalau pemakainya baru mengkonsumsi dalam waktu seminggu, ya walaupun setiap orang berbeda-beda," ujar Kapolres M Ridwan didampingi Kabag.Op AKP. Ahzan dan Kasatres Narkoba Iptu Eko Rendi Oktama.

Ridwan menambahkan, selain empat narapidana yang terbukti positif menggunakan sabu-sabu, dalam penggeledahan yang turut didampingi petugas rutan itu polisi juga mendapati sejumlah senjata tajam seperti gunting, pisau dan dua reflika senjata api laras panjang dan pendek yang terbuat dari bahan kertas. Temuan sajam dan replika senjata itu kemudian diserahkan kepada pihak rutan untuk diamankan.

"Barang bukti yang kami temukan senjata tajam dan dua buah replika senjata api, untuk narkoba setelah kami periksa ruang tahanan dan bagian belakang tidak ditemukan," ujar mantan Kaden Sat A Brimob Polda Bengkulu itu.

Kapolres berujar sidak yang dilakukan itu merupakan bagian dari operasi bersinar untuk memberantas peredaran narkoba. M Ridwan berkomitmen akan terus memberangus peredaran narkoba di wilayah hukumnya.

Sementara pihak rutan mengaku telah berusaha semaksimal mungkin untuk mencegah masuknya narkoba ke dalam rutan salah satu caranya memeriksa setiap tamu yang datang membesuk warga binaan. Mereka mengaku masih serba dalam keterbatasan. Sehingga sulit mendeteksi masuknya narkoba ke dalam rutan.

Sumber : http://www.ajnn.net/news/sidak-rutan-singkil-empat-napi-positif-narkoba/index.html
Share:

0 komentar:

Blog Archive

Popular Posts