Catatan Penulis Hari Ini

Berbagilah kepada mereka yang membutuhkan, bersyukur atas segala pencapaian

Wednesday, 18 May 2016

Genangan Air di Desa Rantau Gedang, Aceh Singkil. Bagaimana dengan jalannya Ekonomi dan Pendidikan?


Singkil - Desa Rantau Gedang merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil. Desa Rantau Gedang juga merupakan desa yang tepat berada di tepian hilir sunga, sehingga tidak jarang mengalami banjir. Setiap kali di guyur hujan deras, daerah ini akan menjadi daerah pertama yang terkena banjir berbanding dengan daerah lain di sekitarnya.

Melihat daerah letak geografis desa Rantau Gedang, pastinya sangat rawan banjir. Bagaimana tidak, aliran sungai tersebut dapat dikatakan sebagai hulu sungai dari dua sungai di Aceh Singkil, yaitu Lae Suraya dan Lae Cinendang (Sungai Simpang Kiri dan Sungai Simpang Kanan). (Mulyadi, warga Desa Rantau Gedang)

Meskipun daerah ini sangat berpotensi di sektor perikanan dan pertanian serta alam yang masih belum tersentuh, Ini tentunya sangat berpengaruh dengan kehidupan warga setempat baik secara Ekonomi, Kesehatan, Transportasi, Pendidikan dan lain sebagaianya. Memang benar, sebagian warga memanfaatkan sungai ini sebagai mata pencaharian nya, akan tetapi disisi lain ini dapat mengganggu jalannya pendidikan di daerah tersebut.


Di daerah ini teradapat beberapa sekolah negeri diantarnya SDN Rantau Gedang dan SMPN Rantau Gedang. Sering sekali disini banjir, tetapi daerah lain tidak banjir, dan orang lain sekolah sedang kami harus melihat genangan air dan akses kesini juga pun susah dan jauh, jalan yang masih batu. sehingga sering sekali ada keterlambatan baik dari Guru maupun Murid. Ujar Syafrudin Djalal, salah satu murid SMP Negeri Rantau Gedang

Dalam hal Kesehatan, ini merupakan suatu hal yang sangat memprihatinkan, dibalik kesusahan itu memang ada kemudahan.  Akan tetapi, hal ini seharusnya dapat segera di minimalisir dengan tetap menjaga alam dan kehidupan warga tentunya. Karena banjir juga akan menimbulkan berbagai macam penyakit yang dapat disebabkan oleh limbah, nyamuk dan zat kimia dan lain sebagainya.

Dalam hal Pendidiakan, ini juga merupakan ketertinggalan, karena daerah lain dengan mudah menjalankan pendidikan tanpa dihalangi bencana akan tetapi daerah ini masih harus berbuat ekstra untuk dapat mengimbangi daerah lain.

Dalam hal Ekonomi juga berpengaruh, seperti perkebunan yang telah ada akan mengalami gagal panen, atau juga nelayan akan mengalami penghasilan menurun, kareana air masih besar.


Penulis : Suhardin Djalal, Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala. Warga Singkil Utara.
Share:

0 komentar:

Blog Archive

Popular Posts