Friday, 27 May 2016

Pansus DPRK Singkil Jangan Hanya Gertak Sambal

ACEH SINGKIL - Elemen Sipil di Kabupaten Aceh Singkil mendesak Panitia Khusus Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (Pansus DPRK) yang sedang bekerja dalam mengawasi realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK) 2015 tidak hanya sekedar gertak sambal.

Gertak sambal dimaksud merupakan kritikan kepada wakil rakyat yang selama ini terkesan hanya main-main dalam melakukan pansus. Sehingga kendatipun banyak temuan yang didapatkan dalam pansus, wakil rakyat tetap saja menerima laporan pertanggung jawaban keuangan yang disampaikan oleh pemerintah daerah dalam sidang paripurna dewan.

"Kita berharap Pansus ini bukan pansus-pansusan aja, bahwa itu kewenangan DPRK itu iya , tetapi jangan kemudian kewenangan itu justru menjadi seperti sekedar gertak sambal saja, mereka harus punya warwah, sehingga pansus yang juga dibiayai dengan uang rakyat itu ada manfaatnya dalam mendorong perbaikan birokrasi pemerintahan secara nyata, bukan ogah-ogahan," kata Irwan Syahputra.

Direktur Singkil Education People (SIEP) itu menyakini pansus yang sedang berlangsung saat ini tidak akan jauh beda dengan pansus sebelumnya, hanya akan sebatas memuat rekomendasi dalam paripurna tanpa ada tindak lanjut apapun. Jika itu lagi yang terjadi, ia menyarankan ke depan tak usah lagi ada pansus.

"Kalau tidak ada tindakan nyata, ngapain ada pansus" ujar Irwan.

Cibiran lain juga datang dari M.Ishak Ketua LSM kompas, Ishak menyarakan ke depan para wakil rakyat melibatkan atau menggandeng para ahli dalam melakukan pansus. Kurangnya mutu pansus saat ini kata Ishak karena kurangnya pemahaman terhadap persoalan yang ditemukan di lapangan.

"Saya pikir pansusnya bagus, tapi karena kurang memahami persoalan di lapangan kesannya jadi gak kerja. Kedepan harus lebih terbuka dengan wartawan dan LSM itu penting" ujar Ishak.

Sebelumnya Wakil Ketua DPRK Aceh Singkil Yuliardin yang dimintai tanggapannya soal penilaian miring dari sejumlah kalangan terkait pansus yang berlangsung hingga 28 Mei mendatang itu meminta masyarakat memberikan kepercayaan penuh kepada wakil rakyat yang sedang bekerja.

Share this

0 Comment to "Pansus DPRK Singkil Jangan Hanya Gertak Sambal"