Catatan Penulis Hari Ini

Berbagilah kepada mereka yang membutuhkan, bersyukur atas segala pencapaian

Tuesday, 31 May 2016

Selamat Ujian, Peserta SBMPTN 2016


JAKARTA - Setelah persiapan sekian lama, pagi ini Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 akan digelar serentak. Tercatat, 721.314 alumni SMA dan sederajat bertarung memperebutkan satu kursi di 78 kampus negeri melalui ujian tertulis.
Ujian tertulis SBMPTN 2016 akan digelar dengan sistem paper based test (PBT) dan computer based test (CBT) mulai pukul 08.00 WIB. Peserta SBMPTN CBT akan mendapat waktu 15 menit tambahan untuk latihan sistem dan memastikan aplikasi CBT bisa berfungsi baik.
Sistem CBT, yang sebelumnya sudah berhasil dipakai saat ujian nasional (UN) mulai diadopsi pada SBMPTN 2016. Pada tahun pertama penyelenggaraannya, ada 30 PTN menjadi pelaksana SBMPTN CBT. Total, hanya 2.520 peserta mengikuti ujian berbasis komputer tersebut.
Hari ini, para peserta SBMPTN 2016 ditantang menyelesaikan ratusan soal Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA), Tes Kemampuan Dasar (TKD) Saintek dan/atau TKD Soshum. Kemudian, peserta yang memilih program studi (prodi) seni dan olahraga masih harus mengikuti ujian keterampilan pada 1 dan/atau 2 Juni di kampus-kampus yang ditunjuk.
Perlu diingat, untuk setiap jawaban benar, peserta SBMPTN 2016 akan mendapat nilai +4. Sedangkan satu jawaban salah akan membuat nilai mereka dikurangi satu poin (-1). Jika peserta mengosongkan jawaban, maka dia tidak akan mendapatkan nilai (0).
Pada SBMPTN 2016, panitia menyediakan 99.223 kursi di kampus negeri sebagai kuota awal. Angka ini masih bisa bertambah sehingga peluang calon mahasiswa pun lebih besar. Hasil SBMPTN 2016 sendiri akan diumumkan secara online pada 28 Juni.
Share:

0 komentar:

Blog Archive

Popular Posts