Catatan Penulis Hari Ini

Berbagilah kepada mereka yang membutuhkan, bersyukur atas segala pencapaian

Thursday, 5 January 2017

Rencana Kenaikan Harga Rokok

Sedikit uraian saya tentang rencana kenaikan harga Rokok.

   Sangat baik tujuan pemerintah terhadap kesehatan masyarakat Indonesia, dengan harapan agar generasi bangsa kedepannya menjadi generasi yang sehat dan kuat. Selain itu pemerintah juga khawatir dengan anak muda yang merokok cenderung lari ke narkoba. Dengan anggapan itu dan harapan bahwa semakin naiknya harga rokok, akan semakin menurun pengkonsumsi rokok dikalangan masyarakat. Mengingat, negara Indonesia adalah negara dimana penduduknya kebanyakan perokok bahkan tercatat sebagai pengkonsumsi rokok terbanyak di dunia, yang menjurus kepada kalangan pelajar sampai orang tua bahkan wanita.

   Namun disini saya lebih memerhatikan dampak bagi masyarakat lainnya terutama petani tembakau dan pekerja pabrik rokok. Sepengetahuan saya, di Kudus dan Kediri merupakan daerah di mana petani dan karyawan pabrik rokok yang sangat besar dan merupakan mata pencaharian utama masyarakat setempat. Dengan merujuk keadaan ini, tentu jika harga rokok naik dan pengkonsumsi semakin menurun ini akan sangat berdampak terhadap kelanjutan pekerjaan dan usaha mereka. Dan secara tidak langsung pemerintah daerah pasti akan merasakan kesulitan untuk menjaga kestabilan ekonomi. Dan hal ini tidak hanya terjadi di daerah Kudus dan Kediri saja, akan tetapi sedikit banyak nya akan menerpa keseluruh Indonesia. Kita tahu, setiap warung hampir pasti menyediakan rokok, dan rokok juga merupakan barang yang mudah laku terjual.

   Memang benar, jika menyinggung masalah rokok kita pastinya akan melihat dan mempertimbangkan segi manfaat dan mudharatnya. Sehingga hal ini menarik perhatian saya, tanpa kesadaran terhadap diri saya sendiri dalam hal apakah saya perokok atau tidaknya. Saya lebih setuju harga rokok tidak dinaikkan. Dan sekiranya pun pemerintah ingin menaikkan, sebaiknya penaikannya jangan langsung ke harga yang tinggi, akan tetapi dengan berangsur-angsur atau dengan cara mulai dengan menaikkan Rp. 500 pertahun.

Share:

0 komentar:

Popular Posts